Apa Sih Kustom Motor Itu?

Street Cub RoadTrippers

Kustom motor merupakan proses kreatif mengubah tampilan ataupun keseluruhan motor menjadi sesuai dengan keinginan. Namun apa sebenarnya definisi dari kustom itu sendiri?

Masing-masing orang punya pengertian sendiri mengartikan arti dari kustom. Namun para ahli kustom motor itu memiliki pandangan yang unik bahwa, kustom merupakan mengubah motor yang Anda miliki sesuai dengan karakter dan gaya hidup Anda itu sendiri.

Jadi kurang tepat jika Anda mengatakan bahwa modif motor agar jadi lebih bagus, atau jadi lebih mahal. Namun motor mofikasi adalah proses untuk menjadikan motor Anda sesuai dengan karakter Anda, dalam istilahnya “lo banget“.

Karena jika modifikasi motor dengan tujuan supaya terlihat lebih bagus atau mahal itu sangat relatif. Tidak akan ada perbedaan dengan motor kustom lainnya.Jika ingin terlihat mahal, seberapa mahal sih motor Anda, masih banyak yang lebih mahal.

Jadi, jika Anda mau mengkustom motor, jadikanlah motor itu dengan gaya, karakter, dan benar-benar keinginan dari diri sendiri, jangan nyeleweng dari itu semua. Sebab, tidak akan memuaskan hasilnya.

Sementara itu, motor kustom saat ini beragam jenisnya. Selain scarambler, cafe racer, tracker, banyak orang yang menyebut aliran kustom japstyle yang juga sedang ngetren di industri kustom saat ini. Namun ternyata japstyle itu bukanlah aliran kustom motor.

Japstyle itu hanya sekedar sebutan saja. Karena pada awal masuknya tren kustom motor di Indonesia, para pelaku di dunia kustom belum semua tahu jenis-jenis model kustom.

Dan sebutan japstyle sendiri muncul dari majalah otomotif Jepang yang khusus membahas tentang motor-motor kustom. Karena pada saat itu internet masih kurang mendominasi.

Dulu awalnya dari Bandung, anak-anak Jakarta belakangan, mereka dulu refrensinya melihat ke majalah. Dari majalah Jepang, semua genre masuk, misalnya berita otomotif tidak mungkin motor matik semua, pasti ada lain-lain. Di Jepang itulah membahas khusus motor kustom itu bermacam-macam ada tracker, cafe racer, dan lainnya dengan model yang mirip-mirip, dari situ mereka menyebutnya japstyle. Sebutan japstyle sendiri, muncul pada 2008, awal tren motor kustom masuk ke Indonesia. Saat itu nama-nama jenis kustom belum banyak diketahui.

About Author


admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *